Tentang Kami

 Sejarah
Sebelum berdirinya sebuah yayasan, semua kegiatan sosial dilakukan secara mandiri oleh sepasang suami istri Lugi dan Enny, adapun sejarah kegiatan-kegiatan sosial tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Peminjaman Inkubator Gratis : Pada akhir tahun 2014, seorang tetangga dilingkungan kami mengalami kelahiran prematur, namun karena tidak mempunyai kartu BPJS maka biaya yang dibutuhkan untuk persalinan tersebut tidak mampu dibayar oleh ibu tersebut yang kebetulan seorang single parent. Lugi teringat pada seorang Profesor pencipta inkubator bayi rumahan yang dipinjamkan secara gratis pada sebuah acara di sebuah stasiun TV, maka Lugi berusaha untuk menghubungi profesor tersebut untuk melakukan peminjaman inkubator bayi untuk ibu tersebut, namun komunikasi gagal karena untuk meminjam inkubator gratis harus keluarga/orangtua bayi yang menghubungi padahal kondisi saat itu sang ibu dalam kondisi stres dan tidak bisa melakukan apapun, dan pada akhirnya bayi tersebut tidak tertolong. Peristiwa inilah yang mendorong Lugi & Enny untuk menjadi relawan peminjaman inkubator gratis karena setelah melakukan riset ternyata kelahiran bayi prematur di kabupaten Bogor cukup tinggi.
  2. Peminjaman Kursi Roda Gratis : Pada akhir 2016 Lugi & Enny menerima hibah sebuah kursi roda bekas dari seorang teman, maka kursi roda itu dipinjamkan kepada seorang anak yang sedang menjalani pemulihan karena patah kaki, kemudian kegiatan ini diupload di facebook ... setelah kegiatan ini diketahui banyak orang maka mulai datang permintaan peminjaman kursi roda dari beberapa orang yang membutuhkan kursi roda, ... dan di saat yang hampir bersamaan datang pula orang-orang baik yang menghibahkan kursi roda milik mereka yang sudah tidak lagi dipakai, ... dan kondisi ini terus berjalan hingga saat ini. Kegiatan peminjaman kursi roda gratis ini terus berkembang hingga ke seluruh wilayah kabupaten Bogor, dan permintaan terus meningkat karena ternyata kebutuhan kursi roda di kabupaten Bogor sangat besar.
Seiring dengan semakin meningkatnya kegiatan sosial yang dilakukan maka atas dorongan teman-teman, Lugi & Enny disarankan untuk mendirikan sebuah yayasan untuk mewadahi semua kegiatan sosial tersebut sehingga semua kegiatan sosial yang dilakukan menjadi lebih terarah.

Maka pada tanggal 10 Mei 2019 dibuatlah akta notaris pendirian Yayasan Roda Harapan Indonesia. 

Semua gerakan sosial yang dilakukan bertujuan membantu masyarakat yang membutuhkan, sehingga mereka kembali memiliki harapan untuk hidup yang lebih baik.

Adapun misi sosial yang telah kami lakukan adalah :
  1. Bantuan Kursi Roda Gratis bagi penyandang disabilitas.
  2. Peminjaman Inkubator Bayi Gratis, dengan tujuan menurunkan angka kematian bayi.
  3. Bantuan Susu Untuk Balita dan Ibu Hamil, dengan tujuan memperbaiki gizi balita dan ibu hamil dari keluarga tidak mampu.
  4. Pendampingan Pasien dari keluarga tidak mampu.
  5. Bedah Rumah, dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup warga tidak mampu melalui rumah layak huni.
  6. Bantuan permakanan / Sembako untuk Lansia terlantar. 
Gambaran Yayasan
Yayasan Roda Harapan Indonesia dengan Akta Notaris Nomor 2, 10 Mei 2019 yang di buat oleh Notaris Hermanto S.H., M.Kn. berkedudukan di Kabupaten Cianjur.

Tanggal Berdiri
Keputusan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-0006826.AH.01.04. Tahun 2019. Tanggal 15 Mei 2019

 Bank Account
Atas Nama : Yayasan Roda Harapan Indonesia
No. Rekening : 5222 33 2222
BCA KCP Cikarang